Back
11. PACING (Costus speciosus (Koen.) Smith.)
Wednesday, May 11, 2011 5:46 am
11.	PACING (Costus speciosus (Koen.) Smith.)
Nama Latin : Costus speciosus (Koen.) Smith.
Famili : Zingiberaceae
Habitat : Garden, yards.
KLASIFIKASI : Pacing disebut Costusspeciosus (Koenig) atau Costus loureiri Horan termasuk ke dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah tabar-tabar, setawar, tepung tawar, lingkuwas atau muri-muri.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a.l :
Rimpang dan bijinya mengandung diosgenin (Sapogeninsteroid), tigogenin, dioscin, gracillin, sitostrol, methyltriacontane, 8-hydroxutriacontan-25-one, 5alfa-stimast-9(11)-en3beta, 24-hydroxytriacontan-26-one dan24-hydroxyhentriacontan-27-one. Kandungan kimia tersebut diatas adalah bahan baku obat kontrasepsi (anti hamil)

EFEK FARMAKOLOGIS : Dalam farmakologi Cina disebutkan bahwa tanaman ini bersifat masam, pedas, sejuk, sedikit toxic (beracun). Peluruh air kemih (diuretik), anti toxic, menghilangkan gatal(anti pruritus), peluruh keringat (anti piretik).

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan rimpang. Setelah dicuci bersih,dipotong tipis-tipis, kukus, keringkan. Umbi mentah : beracun. Selain itu digunakan juga batangnya.
Manfaat : Pelepah yang berbentuk belalai dipotong , kemudian getahnya dibalurkan pada kulit sebagai obat anti bisa akibat gigitan ular atau untuk menyembuhkan gatal. Getahnya juga dapat digunakan untuk obat tetes mata.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :
1. Nephriticedema, air kemih sedikit. Pacing 30 gr, cynanchumpaniculatum digodok, minum.
2. Mencegah kehamilan. Rimpang kering 10 gr ditambah 1 buah pace digodok, minum setelah dingin. Minum setiap hari selama 10 hari setelah haid.
3. Digigit ular. Pacing 1 batang, dicuci bersih lalu ditumbuk halus, beri air garam 2 sendok makan. Air perasannyadiminum, ampasnya untuk menurap luka bekas gigitan lalu dibalut, sehari 2 kali.
4. Bengkak karena penyakit ginjal akut. Pacing 15 gram direbus, minum.
5. Eczema, gatal-gatal. Godok Pacing secukupnya, untuk cuci.
6. Radang mata. Batang Pacing 3 jari, dicuci bersih lalu ditumbuk halus kemudian diperas dan disaring. Airnya untuk diteteskan ke mata yang sakit, 3 - 4 kali per hari sebanyak 2 tetes.
7. Mencuci dan memperbaiki pertumbuhan rambut. Batang dan daun muda ditumbuk halus sampai menjadi bubur,satu malam diembunkan, pakai untuk mencuci dan memperbaiki pertumbuhan rambut.
8. Perut busung (ascites) dan bengkak (edema). Umbi yang berwarna merah dilumatkan dan dibungkus dengan kain sutera, ikat di pusar. Penyakitnya akan keluar berikutair kemih.
9. Pengerutan hati (cirrhosis), batuk rejan (pertusis) dan infeksi saluran kencing.
Rimpang kering 3 - 10 gram digodok, minum.

Catatan: Wanita hamil dan pasien dengan pencernakan lemah dilarang pakai.

Efek samping : rimpang mentah beracun, kelebihan dosis akan menimbulkan gejala muntah, mencret dan pusing. Bila terjadi gangguan tersebut di atas, dianjurkan untuk mengunyah 6 gr kayu manis (glycyrrhiza uralensis) dan telan sarinya.